Senin, 28 November 2011

TUGAS PENGANTAR BISNIS MINGGU KE-1

Kelompok Pengantar Bisnis :
  1. Kusuma Hastuti Trahutami 
  2. Adwipina Moniq1ue Thenu 
  3. Sheva Fadillah Rizki 
  4. Rurin Setyaningtyas
  5. Ardika Henrisal
  1. JELASKAN APA YG DI MAKSUD BISNIS MENURUT ANDA DAN KENAPA BISA DEMIKIAN !

Bisnis adalah usaha perdagangan berupa aktifitas yang menyediakan barang atau jasa yang diperlukan atau diinginkan oleh konsumen,dan  dilakukan oleh sekelompok orang yang terorganisasi untuk mendapatkan laba dengan memproduksi dan menjual barang atau jasa untuk memenuhi kebutuhan konsumen.
Mengapa bisa demikian karena bertujuan menghasilkan profit (laba), dan kemudian laba tersebut bisa digunakan untuk usaha meningkatkan laba atau perusahaan yang lebih besar lagi.

    2.      CERITAKAN SEJAK KAPAN BISNIS ITU MUNCUL BERIKAN ALASAN  
"proses memulai bisnis" itu berlangsung sedikit demi sedikit sampai akhirnya berwujud bisnis atau sampai tercapai kesuksesan.

Proses yang saya maksud adalah sejak mulai terinspirasi untuk memulai bisnis,kemudian muncul ide bisnis, memilih jenis bisnis tertentu, merancang design bangunan/toko/usaha, survey pasar lingkungan setempat, sampai akhirnya berkeyakinan dan dengan optimis melangkah kebentuk real dengan meralisasikan rencananya itu dalam bentuk nyata, dengan ditandai dengan "berani invest" atau keluar modal untuk membiyayai semua keperluan yang dibutuhkan untuk jenis bisnis yang ia pilih, akhirnya jadilah bentuk usaha itu.


     3.      BERIKAN ALASAN MENGAPA ORANG BELAJAR BISNIS DAN JELASKAN MASING2
          ALASAN

Setiap orang pasti mempunyai motivasi untuk menjadi orang sukses. Dengan belajar bisnis ini dapat memotivasi seseorang akan berusaha menggapai tujuannya sama seperti motivasi belajar jika seseorang ingin menjadi orang yang sukses dalam bisnis maka seseorang itu harus punya motivasi untuk belajar bisnis sehingga dengan motivasi belajar yang tinggi seseorang akan tekun dan bekerja keras dalam belajar untuk menjadi orang yang sukses.


    4.      APA YG DIMAKSUD FAKTOR PRODUKSI , SIAPA YG MEMPERGUNAKAN COBA
          JELASKAN
Faktor Produksi adalah sumber daya yang digunakan dalam sebuah proses produksi barang dan jasa. Pada awalnya, faktor produksi dibagi menjadi empat kelompok, yaitu tenaga kerja, modal,  sumber daya alam dan kewirausahaan . Namun pada perkembangannya, faktor sumber daya alam diperluas cakupannya menjadi seluruh benda tangible, baik langsung dari alam maupun tidak, yang digunakan oleh perusahaan, yang kemudian disebut sebagai faktor fisik (physical resources). Selain itu, beberapa ahli juga menganggap sumber daya informasi sebagai sebuah faktor produksi mengingat semakin pentingnya peran informasi di era globalisasi ini.(Griffin R: 2006)
Secara total, saat ini ada lima hal yang dianggap sebagai faktor produksi, :
  • tenaga kerja (labor), Tenaga kerja merupakan faktor produksi insani yang  secara langsung maupun tidak langsung menjalankan kegiatan produksi. Faktor produksi tenaga kerja juga dikategorikan sebagai faktor produksi asli. Dalam faktor produksi tenaga kerja, terkandung unsur fisik,, pikiran, serta kemampuan yang dimiliki oleh tenaga kerja. Oleh karena itu, tenaga kerja dapat dikelompokan berdasarkan kualitas (kemampuan dan keahlian) dan berdasarkan sifat kerjanya.

  • modal (capital), Yang dimaksud dengan modal adalah barang-barang atau peralatan yang dapat digunakan untuk melakukan proses produksi. Modal dapat digolongkan berdasarkan sumbernya, bentuknya, berdasarkan pemilikan, serta berdasarkan sifatnya.

  1. Berdasarkan sumbernya, modal dapat dibagi menjadi dua: modal sendiri dan modal asing.      Modal sendiri adalah modal yang berasal dari dalam perusahaan sendiri. Misalnya setoran dari pemilik perusahaan. Sementara itu, modal asing adalah modal yang bersumber dari luar perusahaan. Misalnya modal yang berupa pinjaman bank.
  2. Berdasarkan bentuknya, modal dibagi menjadi modal konkret dan modal abstrak Modal adalah modal yang dapat dilihat secara nyata dalam proses produksi.
  3. Berdasarkan pemilikannya, modal dibagi menjadi modal individu dan modal masyarakatModal individuadalah modal yang sumbernya dari perorangan dan hasilnya menjadi sumber pendapatan bagi pemiliknya. Contohnya adalah rumah pribadi yang disewakan atau bunga tabungan di bank.modal masyarakat adalah modal yang dimiliki oleh pemerintah dan digunakan untuk kepentingan umum dalam proses produksi.
  4. Berdasarkan sifatnya: modal tetap dan modal lancar. Modal tetap adalah jenis modal yang dapat digunakan secara berulang-ulang. Misalnya mesin-mesin dan bangunan pabrik. Sementara itu, yang dimaksud dengan modal lancar adalah modal yang habus digunakan dalam satu kali proses produksi. Misalnya, bahan-bahan baku.
  • sumber daya fisik (physical resources), Faktor produksi fisik ialah semua kekayaan yang terdapat di alam semesta dan barang mentah lainnya yang dapat digunakan dalam proses produksi. 
  • kewirausahaan (entrepreneurship),Faktor kewirausahaan adalah keahlian atau keterampilan yang digunakan seseorang dalam mengkoordinir faktor-faktor produk

  • sumber daya informasi (information resources). Sumber daya informasi adalah seluruh data yang dibutuhkan perusahaan untuk menjalankan bisnisnya. Data ini bisa berupa ramalan kondisi pasar, pengetahuan yang dimiliki oleh karyawan, dan data-data ekonomi lainnya.

4.               5. SEBUTKAN APA SAJA FAKTOR LINGKUNGAN INTERNAL DAN BERIKAN  MENGAPA 
              FAKTOR INTERNAL  LANGSUNG MEMPENGARUHI KEGIATAN SUATU PERUSAHAAN  

Pihak Internal Dunia Usaha
1. Karyawan
Karena Melalui sumber daya manusia atau sdm yang baik akan sangat membantu dunia bisnis Untuk semakin maju dan berkembang

2. Pemegang Saham dan Dewan Direksi
Ada dua faktor penting yg mengatur kegiatan atau jalannya roda perusahaan publik di mana para pemegang saham memiliki kemungkinan Utk mempengaruhi suatu perusahaan dgn hak suara yg dimilikinya sesuai dgn persentase saham yg dimiliki.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar