Senin, 28 November 2011

TUGAS PENGANTAR BISNIS MINGGU KE-5

Kelompok:
Kusuma hastuti trahutami 
Adwipina Moniq Thenu 
Sheva Fadillah Rizki 
Rurin setyaningtyas
Ardika Henrisal

1. SEBUTKAN FUNGSI MANAJEMEN ! TERAPKAN PADA DIRI ANDA ! APA MANFAATNYA ?
Fungsi manajemen adalah elemen-elemen dasar yang akan selalu ada dan melekat di dalam proses manajemen yang akan dijadikan acuan oleh manajer dalam melaksanakan kegiatan untuk mencapai tujuan.Peranan manajemen dihubungan dengan fungsi manajemen, yaitu :
1. Planning (Perencanaan)
Merupakan proses kegiatan pemikiran, dugaan dan penentuan prioritas-prioritas yang harus dilakukan secara rasional sebelum melaksanakan tindakan yang sebenarnya. Agar dapat membuat rencana secara teratur dan logis, sebelumnya harus ada keputusan terlebih dahulu sebagai petunjuk langkah-langkah selanjutnya.
2. Organizing (Pengornisasian)
Proses penyusunan pembagian kerja ke dalam unit-unit kerja dan fungsi-fungsinya serta penempatan orang yang menduduki fungsi-fungsinya tersebut secara tepat. Pengorganisasian bertujuan membagi suatu kegiatan besar menjadi kegiatan-kegiatan yang lebih kecil. Selain itu, mempermudah manajer dalam melakukan pengawasan dan menentukan orang yang dibutuhkan untuk melaksanakan tugas-tugas yang telah dibagi-bagi tersebut.
3. Directing (Pengarahan)
Mengarahkan bawahan, sehingga pimpinan secara manusiawi bisa mengikat bawahan untuk bekerja sama secara sukarela menyumbangkan tenaganya seefisien dan seefektif mungkin untuk mencapai tujuan organisasi.
4. Menggerakkan (Actuating)actuating artinya adalah menggerakkan orang-orang agar mau bekerja dengan sendirinya atau penuh kesadaran secara bersama-sama untuk mencapai tujuan yang dikehendaki secara efektif. Dalam hal ini yang dibutuhkan adalah kepemimpinan (leadership).
5. Coordinating (Pengkoordinasian)
Agar terdapat komunikasi atau kesesuaian dari berbagai kepentingan dan perbedaan kegiataan sehingga tercapai tujuan organisasi.
6. Controlling (Pengawasan)
Pengawasan merupakan tindakan seorang manajer untuk menilai dan mengendalikan jalannya suatu kegiatan yang mengarah demi tercapainya tujuan yang telah ditetapkan.Perbaikkan-perbaikkan yang perlu dilakukan jika terjadi penyimpangan pelaksanaan dari perencanaan.  

2. APA CIRI MANAJER PROFESIONAL BERDASARKAN KETRAMPILAN MANAJEMEN YANG BERKAITAN:
 Ciri-ciri manajemen profesional dalam pengembangan mutu SDM dapat dilihat dari sisi operasional dan  manajerial yakni :   
Berbudaya korporat: transparansi, independensi,  responsif, akuntabilitas, dan   kejujuran juga adanya dukungan manajemen puncak. 

4)     Berorientasi   ke masa depan dengan pendekatan holistik.

      Berdimensi jangka panjang dan bersinambung.
6)     Sistem nilai-prinsip efisiensi dan efektivitas dilakukan secara terencana/terprogram. Monitoring dan evaluasi serta umpan balik.
8)        Dilakukan oleh pelaku dan tentunya pimpinan unit yang memiliki:
a. kompetensi atau keakhlian dan pengalaman panjang di bidangnya.
b. sifat haus pada tantangan-tantangan.
c. sikap dan ketrampilan inovatif, kreatif, inisiatif dan efisien.
d. integritas tinggi.
e. sifat menghargai profesi lain.
f. sifat yang selalu siap menghadapi setiap resiko.
g.bertanggungjawab atas setiap kata dan perbuatannya.

Penggunaan teknologi tepatguna.
Kepemimpinan dalam membangun komitmen.
Partisipasi aktif semua anggota dan adanya kerjasama tim

13  3. SEBUTKAN BENTUK – BENTUK  ORGANISASI !
  1. Organisasi Lini
  2. Organisasi Fungsional
  3. Oranisasi Lini dan Staff
  4. Organisasi Fungsional dan Lini
  5. Organisasi Matrik
  6. Organisasi Komite

Tidak ada komentar:

Posting Komentar