Senin, 28 November 2011

TUGAS PENGANTAR BISNIS MINGGU KE-4

Kelompok :
Kusuma hastuti trahutami
Adwipina Moniq Thenu 
Sheva Fadillah Rizki 
Rurin setyaningtyas
Andika Henrisal
Abdul Rahman


1. Sebutkan perbedaan wiraswasta dengan wiraswastawan serta unsure apa yang dimiliki wiraswasta !

Perbedaan seorang wiraswastawan dengan seorang wirausahawan adalah 
wirausahawan cenderung bermain dengan resiko dan tantangan. Artinya wirausahawan lebih bermain dengan cara memanfaatkan peluang-peluang tersebut. 
wiraswastawan lebih cenderung kepada seseorang yang memiliki dorongan untuk menciptakan sesuatu yang lain dengan menggunakan waktu dan kegiatan, disertai modal dan resiko, serta menerima balas jasa dan kepuasan serta kebebasan pribadi atas usahanya tersebut. memanfaatkan modal yang dimilikinya untuk membuka suatu usaha tertentu.

UNSUR YANG DIMILIKI WIRASWASTA
• Unsur kemampuan, keterampilan, mengambil resiko, menetapkan tujuan atas pertimbangan sendiri, memiliki semangat bersaing yang kuat, berorientasi kerja keras, kreatif, inovatif, motivasi berprestasi, dll.

2. Bagaimana perkembangan franchising di Indonesia searching di Internet !

Bisnis Waralaba di Indonesia berkembang dengan sangat pesat. Konsep franchise pertama kali berkembang di Indonesia pada tahun 1970an, dengan berdirinya KFC, Swensen, dan Shakey Pisa yang kemudian diikuti oleh Burger King dan Seven Eleven.
Pada tahun 1990, melihat pertumbuhan ekonomi Indonesia semakin membaik, politik yang stabil dan keamanan yang terjamin, para investor dari luar negeri mulai melirik Indonesia dan disini, franchise asing mulai booming di pasar Indonesia.
Pada tahun 1992, di Indonesia terdapat 29 franchise yang berasal dari luar negeri dan 6 franchise lokal, dan secara keseluruhan di Indonesia tersebar sekitar 300 outlet. Pada tahun 1997, jumlah franchisor meningkat hingga 265 franchise, dimana terdapat 235 franchise Internasional dan 30 franchise lokal. Dan jumlah outlet keseluruhan adalah 2000. Pada tahun 1997, terjadi krisis moneter di Indonesia.
Pada saat ini, diikuti oleh krisis ekonomi dan politik di Indonesia pada tahun 1998 yang mengakibatkan jatuhnya industri franchise di Indonesia. Banyak franchisor asing yang meninggalkan Indonesia dan hampir sekitar 500 outlet yang tutup oleh karena kondisi yang tidak mendukung ini. Pada saat itu, jumlah franchise dari luar negeri yang beroperasi di Indonesia menurun dari 230 hingga 170-180 franchise. Tetapi justru pada saat ini, franchise lokal mulai memadati pasar franchise Indonesia dari 30 meningkat hingga 85 merek produk yang berkembang.

3. Beri 5 contoh riil usaha franchising yang bergerak di bidang pendidikan, kesehatan, salon dan perawatan, makanan dalam negeri / lokal, dan otomotif !
• Pendidikan : Inten, IEC, LIA, Wallstreet, Primagama, Nurul Fikri, EF(English First)2.
• Kesehatan : Apotek K24, Optik Seis,  Optik Melawai , Century, Rebel Gym, Rumah Sakit Mitra    Keluarga
• Salon dan perawatan : Rudy Hadisuwarno, Sari Ayu salon & spa, Alex’s Salon Professional, Ristra, Esther House of Beauty4.
• Makanan dalam negeri / local : Bakmi GM,Pecel Lele Lela, Ayam Lepas, Bakmi Gajah Mada, Solaria.
• Otomotif : King Auto Interior, Garda Otto, Indomobil,  Autocare Centre, Mercedezband,

4. Jelaskan perbedaan antara kewirausahaan dengan bisnis kecil dengan contoh kasus yang nyata !
Kewirausahaan adalah tindakan menjadi seorang pengusaha, yang merupakan kata Perancis yang berarti "orang yang melakukan inovasi , keuangan dan ketajaman bisnis dalam upaya untuk mengubah inovasi menjadi barang ekonomi. Kewirausahaan merupakan kemampuan mengambil resiko untuk memulai suatu perusahaan dengan mempertaruhkan waktu, uang, dan usaha . Sedangkan bisnis kecil dioperasikan dan dimiliki secara independen serta tidak mendominasi pasarnya. dengan sejumlah kecil karyawan dan volume relatif rendah dari penjualan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar