Senin, 28 November 2011

TUGAS PENGANTAR BISNIS MINGGU KE-3

Tugas Pengantar Bisnis Minggu ke 3


Kelompok :
Kusuma hastuti trahutami 
Adwipina Moniq Thenu 
Sheva Fadillah Rizki 
Rurin setyaningtyas
Andika Henrisal
Abdul Rahman 
 

1 . Jelaskan Bentuk Perusahaan dan beri 5 contoh CV, PT, YAYASAN, KOPERASI, ASURANSI, LEASING PERSEROAN TERBATAS NEGARA !

      CV (Commanditaire Vennootschaap)
CV adalah suatu bentuk badanusaha bisnis yang didirikan oleh dua orang atau lebih untuk mencapai tujuan bersama dengan tingkat keterlibatan yang berbeda-beda antara setiap anggotanya.
Contoh CV : CV TERPAL CAHAYA MAS ABADI, CV SUMBER MAS BALI, CV PUTRA MANDIRI , CV RION PUTRA PERKASA,CV JAVA CENTRA

      PT (Perseroan Terbatas
PT adalah suatu badan dimana mempunyai kekayaan, hak dan kewajiban sendiri secara terpisah darikekayaan pribadi masing-masing serta keanggotaan perserooan ditunjukan dengan jumlah kepemilikan saham perusahaan . Contoh PT : PT BANK INDONESIA Tbk, PT KRAFT INDONESIA, PT KAO, PT UNILEVER, PT BEIERSDORF INDONESIA

Yayasan
Yayasan adalah badan hokum yang mempunyai mkasud dan tujuan yang bersifat sosial, keagamaan dan kemanusiaan, didirikan dengan memperhatikan persyaratan formal yang ditentukan dalam undang-undang.
Contoh Yayasan : Kick Andy Foundation, Yayasan Pendidikan Islam dan Sosial Siti Hajar (Bandung), Yayasan Anak Emas Denpasar Bali, Yayasan Dompet Dhuafa (DD), Yayasan Jantung Indonesia (YJI).

Asuransi
Asuransi adalah suatu perjanjian dengan mana seorang penanggung mengikatkan diri pada tertanggung dengan menerima suatu premi, untuk memberikan penggantian kepadanya karena suatu kerusakan, kerugian atau kehilangan keuntungan yang diharapkan, yang mungkin akan dideritanya karena suatu peristiwa yang tak tertentu.
Contoh Asuransi : Asuransi ABRI (ASABRI), Asuransi Kesehatan Indonesia (ASKES), Asuransi Jasa Indonesia (JASINDO), Jamsostek, Asuransi Jasa Raharja.

Leasing
Leasing adalah setiap kegiatan pembiayaan dalam bentuk penyediaan barang-barang modal untuk digunakan oleh suatu perusahaan untuk jangka waktu tertentu, berdasarkan pembayaran-pembayaran secara berkala disertai dengan hak pilih bagi perusahaan tersebut untuk membeli barang-barang modal yang bersangkutan atau memperpanjang jangka waktu leasing berdasarkan nilai sisa uang yang telah disepakati bersama.
Contoh Leasing : Bussan Auto Finance (BAF), Adira Finance, Al Ijarah Indonesia Finance (ALIF), International Lease Finance Corporation (ILFC).

Perseroan Terbatas Negara
Pesero merupakan salah satu bentuk perusahaan milik Negara yang sebelumnya bernama Perusahaan Negara (PN). Umumnya Persero ini terjadi dari PN yang kemudian diadakan penambahan modal yang ditawarkan kepada pihak swasta. Tujuan Persero adalah mencari keuntungan maksimum dengan menggunakan faktor-faktor produksi yang ada secara efisien.
Contoh Persero : PT (Persero) PK Blabak, PT (Persero) Pupuk Kujang, PT (Persero) Aneka Gas dan Industri.

2. SEBUTKAN & JELASKAN TENTANG  LEMBAGA  KEUANGAN DI INDONESIA !

Lembaga keuangan Indonesia merupakan dunia keuangan yang bertindak selaku lembaga yang menyediakan jasa keuangan bagi nasabahnya, dimana pada umumnya lembaga ini diatur oleh regulasi keuangan dari pemerintah.
Contoh lembaga keuangan Indonesia : koperasi, asuransi, dana pensiun, Persero, Perum.

3. APA YG DIMAKSUD MERGER, KARTEL, JOINT VENTURA ?

Merger adalah penggabungan dua perusahaan menjadi satu, dimana perusahaan yang me-merger mengambil atau membeli suatu assets dan liabilities perusahaan yang di-merger dengan begitu perusahaan yang me-merger memiliki paling tidak 50% saham dan perusahaan yang di-merger berhenti beropersi dan pemegang sahamnya menerima sejumlah uang tunai atau saham di perusahaan yang baru.

Kartel merupakan persekutuan antara beberapa perusahaan sejenis dibawah suatu perjanjian tertentu.

Joint Ventura merupakan bentuk kerjasama antara beberapa perusahaan yang berasal dari beberapa negara menjadi satu perusahaan untuk mencapai konsentrasi kekuatan-kekuatan ekonomi yang lebih padat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar